Dasar-Dasar Java

Jika Anda pernah mempelajari bahasa C sebelumnya, tentunya penulisan syntax dalam Java tidaklah terlalu asing. Berikut ini terdapat contoh program dalam C dan Java untuk memperbandingkan kemiripan mereka. Dengan demikian, akan bermanfaat bagi programmer C dalam mempermudah mempelajari bahasa Java.

Meskipun begitu, perlu ditegaskan untuk mempelajari Java, Anda tidak diharuskan menguasai bahasa pemrograman sebelumnya.

Contoh program dalam bahasa C

main()
printf("Membuat program dengan C");
}

Contoh program dalam bahasa Java

class ProgramPertama
{
 public static void main(String[] args)
 {
  System.out.println("Membuat program dengan Java");
 }
}

Kesamaan yang dapat terlihat dari kedua contoh program sederhana di atas adalah keberadaan metode main, yang merupakan awal eksekusi dari program C dan Java. Kedua bahasa memerlukan metode ini sebagai pusat jalannya program.

Sedangkan perbedaan yang mencolok pada Java, Anda diharuskan menulis program dalam class-class yang merupakan ciri dari pemrograman berorientasi objek. Berbeda dengan C, yang tidak mengharuskan Anda membuat program dalam class-class. Perbedaan yang lain terletak pada perintah mencetak yang digunakan C (printf) dan Java (System.out.println). Namun, secara struktur keduanya mengandung kemiripan yang akan mempermudah programmer C beralih ke lingkungan Java.