Mencetak Teks

Kita akan memulai pembahasan ini dengan membuat program untuk menulis teks di atas layar dengan Java.

praktek01.java

praktek01

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, System.out.println digunakan untuk mencetak teks dalam bahasa Java. Anda cukup menulis kalimat demi kalimat di dalam tanda kurung dengan diawali dan diakhiri tanda petik dua (double-quotes). Jangan lupa untuk menutup perintah dengan tanda titik-koma (semicollon).

Sebenarnya, System.out.println() terdiri atas tiga bagian utama. Output yang dihasilkan sebenarnya berasal dari metode println() yang telah tersedia di dalam Java (built-in). Sedangkan System merupakan class yang menyediakan fasilitas akses ke dalam system. Dan yang terakhir, keyword out, adalah output stream yang menghubungkan dengan console.

Seperti yang Anda duga, jika ketiganya dibaca akan memperlihatkan langkah-langkah yang dilakukan Java dalam menghasilkan cetakan di layar.

Selanjutnya, kita akan melanjutkan mencetak teks di atas layar dengan isi yang lebih kompleks.

praktek02.java

praktek02

Program praktek02.java merupakan pengembangan dari program sebelumnya, yang hanya menambah jumlah baris perintah menjadi lebih dari satu baris. Eksekusi program di atas akan menghasilkan output seperti di bawah ini:

output